Selasa, 16 September 2014

Masalah Tomat


Beberapa hari yang lalu aku telah menulis bahwa tomat di rumah telah berbuah. Sekarang tomat itu mulai memerah, akan tetapi tomat-tomat tersebut mengalami kebusukan di bagian bawah. Kenapa ya??? -_-
Ada yang bilang karena menggunakan bibit tomat yang tidak terpakai di dapur, sehingga kualitasnya menurun dan rentan akan penyakit pada tomat.
Di kutip dari saungtani.com mengungkapkan bahwa penyebab penyakit busuk buah tomat tersebut adalah jamur Antraknose, jamur ini berkembang biak dengan spora sehingga penyebaran penyakit dapat berlansung sangat cepat melalui tiupan angin.
Sayang banget ya tomat-tomat di rumah ini mengalami kebusukan karena jamur. hiks hiks hiks... :(
Sedangkan menurut laman webhttp://musttrie-art.blogspot.com  Sebab yang lain adalah di karenakan kekurangan unsur hara mikro Ca (kalsium). Cara mengatasi antara lain dengan menebarkan kapur dolomit, pupuk yang berimbang, pengairan yang cukup dan merata dan penyemprotan CaCl2. Frekuensi penyemprotan 5-7 hari sekali dengan konsentrasi 0.1%.

Patut di coba nih, maklum sebagai orang awam yang tidak mengerti ilmu pertanian dan hanya berbekal internet sebagai penambah ilmu. Apa salahnya di coba meski tanaman yang di gunakan hanya untuk skala rumahan bukan untuk bisnis. Semakin banyak orang Indonesia yang mencintai dunia pertanian, maka di jamin Indonesia tak akan mengimport bahan pokok dari negara lain. Dan tidak ada buruh yang demo minta kenaikan gaji karena bahan poko yang naik pula.
Indonesia di beri kekayaan yang melimpah. Tanah yang subur, ya bagi yang tinggal di perkotaan sekarang juga ada cara bertanam hidroponik,. Walaupun aku masih belum bisa mempraktekkannya di rumah. Hehehe..
Kembali ke tomat,,, selain mengalami busuk di bagian ujung buah tomat, juga cepat layu. Tomat-tomat, kenapa masalahmu banyak sekali sih....  haduhhh
untuk sementara aku hanya menemukan solusi untuk kebusukan tomat pada bagian bawah, untuk masalah tomat yang layu aku cari dulu ya di internet... Bye :D
~.~ ^_^ SALAM TOMAT ^_^ ~.~







 Referensi :

 http://www.saungtani.com/2013/04/mengapa-tomatku-busuk-di-bagian-ujung.html
 http://musttrie-art.blogspot.com/2012/02/tips-mengatasi-hama-dan-penyakit.html

1 komentar:

  1. VAZBET | Agen Bola | Agen Piala Dunia 2018 | Agen Judi Terbaik
    Kami Agen Bola Sportsbook!
    - Bonus Deposit Awal Member Baru 20%!
    - Maksimal Bonus 500.000!
    - Minimal Deposit 50.000!
    Ayo Join !!! Buru Bonus dan Komisi nya !
    - WhatsApp : +855 878 795 20
    - PIN BBM : VM5686

    BalasHapus