Selasa, 02 September 2014

LESTARIKAN JAMU INDONESIA


Jamu, Jamu bagiku sudah menjadi bagian hidupku, terutama pada Ibuku. Bagaimana tidak, setiap hari Ibu selalu mengkonsumsi jamu. Ibu memiliki riwayat sakit darah tinggi, kata dokter darah tinggi yang di derita ibu juga di sebabkan oleh faktor keturunan, tepatnya kakek yang pernah menderita sakit stroke. Semenjak Ibu berkonsultasi pada Bidan Desa atau saat pergi ke puskesmas, Ibu selalu mendapat obat yang memiliki efek samping yang sama, yaitu jantung berdebar dengan kencang atau merasa deg-degan. Akhirnya  Ibu lebih memilih untuk menkonsumsi jamu tradisional yang dibuatnya sendiri.Sehingga obat yang di dapat dari puskesmas di rumah menumpuk karena hanya sekali di minum bahkan ada yang sama sekali  tidak di minum. Alhasil Ibu pergi ke puskesmas hanya untuk mengecek tensi darahnya saja.
Jamu yang sering Ibu buat adalah  mulai dari buah mengkudu, daun belilmbing wuluh, mahkota dewa,  hingga bawang putih jantan/tunggal.

Ibu sedang menyaring Jamu yang di buatnya


Dulu sewaktu aku masih SD buah mengkudu mudah di dapat sehingga Ibu membuat ramuan Jamu darah tinggi dengan menggunakan buah mengkudu. Bahan-bahan yang di gunakan Ibu hanya menggunakan 2-3  buah mengkudu, 1 ruas jari kunyit, asam jawa secukupnya, gula merah (Sesuai selera) dan air 2 gelas (Tetapi Ibu biasanya menggunakan 4 gelas untuk di minum sore hari). Bahan-bahan tersebut di potong kecil-kecil, kemudian di rebus hingga menjadi airnya menjadi setengahnya. Ibu biasanya meminumnya pagi dan sore hari.

Setelah itu Ibu tidak mengkonsumsi jamu dari buah mengkudu lagi akibat pohon mengkudu tetangga di tebang. Tetapi beberapa hari ini Ibu mengkonsumsi jamu ini lagi karena ada tetangga yang menanam pohon mengkudu ini dan telah berbuah banyak.


Bahan-bahan yang digunakan untuk jamu
Bahan-bahan yang di rebus


Setelah pohon mengkudu tetangga di tebang Ibu beralih menggunakan daun belimbing wuluh. Kebetulan di rumah juga menanam belimbing wuluh. Seingatku bahan-bahan yang di gunakan untuk membuat jamu ini hampir sama dengan jamu menggunakan bahan buah mengkudu. Hanya bahan utamanya yang di ganti oleh Ibu yaitu buah mengkudu di ganti dengan daun, buah dan bunga belimbing wuluh (Jika ada) dan asam jawa sendiri tidak di gunakan oleh Ibu karena belimbing wuluh sendiri sudah asam rasanya. Akan tetapi masalah kedua muncul setelah mengkonsumsi jamu ini. Sakit Maag yang di derita Ibu menjadi Kambuh. Ternyata kandungan asam yang ada di belimbing wuluh itu membuat asam lambung Ibu naik, sehingga Ibu tidak meminumnya lagi.



Kemudian setelah Ibu tidak mengkonsumsi belimbing wuluh dan buah mengkudu, Ibu menanam tanaman mahkota dewa. Dan kebetulan pohon ini mudah berbuah. Sehingga Ibu mengeringkan buah mahkota dewa untuk di seduh dengan air panas untuk di jadikan teh oleh Ibu.  Akan tetapi 2 tahun kemudian karena ada renovasi rumah dan halaman sehingga pohon mahkota dewanya dipindah. Dan tanaman mahkota dewanya mati. :(  Sesekali Ibu masih membeli dipasar yang mahkota dewa yang telah di keringkan.

 Mungkin Ibu memang tergolong orang yang suka coba-coba. Setelah pohon mahkota dewa mati. Ada tetangga yang bilang untuk menggunakan daun seledri. Daun seledri di blender kemudian di saring dan di beri tambahan madu. Ya meskipun Ibu tidak suka rasanya dan hanya bertahan selama seminggu, tetapi karena daun seledri memiliki khasiat juga jadi Ibu menanamnya di kebun samping rumah.

Setelah sekian banyak jamu yang di konsumsi Ibu untuk menurunkan darah tingginya, ada sebuah informasi dari pedagang bawang yang biasanya datang setiap seminggu sekali. Informasi yang didapat adalah jika bawang putih jantan atau tunggal dapat menurunkan tekanan darah. Bahkan aku juga mendengar orang Korea jarang ada yang sakit jantung karena sering mengkonsumsi bawang putih. Maksud dari bawang putih jantan atau tunggal adalah bawang putih tersebut tidak beranak atau berkembang biak ketika di tanam.  Sejak saat itulah jika Ibu merasa tensi darahnya tinggi, Ibu akan mengkonsumsi bawang putih tunggal. Sesekali Ibu juga membuat jamu dari mengkudu jika pohon mengkudu tetangga berbuah.
Bawang putih tunggal
Perbedaan antara bawang putih bisa, bawah putih tunggal dan bawang merah

Ini adalah pengalaman Ibuku, ya memang hanya Ibu yang menjadi penggemar jamu di rumah, tapi bukan berarti Ibu tidak mengajak anaknya juga untuk minum jamu. Misalnya aku, aku tidak terlalu suka minum jamu, apalagi jika jamu itu rasanya pahit hehehe. Tetapi Ibu membiasakan anggota keluarga untuk minum jamu walaupun tidak setiap hari. Misalnya dengan minum jamu Sinom. Ibu sering sekali membuat minuman ini di rumah. Apalagi saat cuaca panas dan kebetulan juga di rumah juga ada pohon asam jawa. Jika daun asam jawanya banyak, Ibu akan memotongnya dan menjadikannya sebagai simom. Daun Sinom di campur dengan kunyit serta di campur dengan gula sesuai selera, kemudian di rebus. Rasanya asam-asam segar. Mungkin untuk jamu yang satu ini pengecualian, karena rasanya enak.

Tulisan ini di tujukan untuk mengikuti lomba menulis artikel jamu di blog 2014 dalam rangka Dies Natalis PSB ke-16


Daftar Pustaka:

http://biofarmaka.ipb.ac.id/brc-upt/brc-ukbb/bccs-collection,
http://biofarmaka.ipb.ac.id/publication/journal,

44 komentar:

  1. Waduuuhh belimbing wuluhnya banyak banget mbak...??

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hehehe,,, iya mbak tp sekarang ud mau habis,,,
      soalnya tetanggaku tumben-tumbennya pada minta, biasanya juga terbuang percuma begitu saja.... :D

      Hapus
    2. d buat manisan aj klo g ad yg ngambil

      Hapus
    3. Mbak yuli,, Iya mbak tp aq g mahir buat manisan hahaha
      sekarang belimbing wuluhnya ud berbunga lagi,,,
      bulan ini laris deh dari buah sampe bunganya juga di ambil

      Hapus
    4. mungkin tetangganya banyak yang sakit darah tinggi hehehe
      just kidding y...

      Hapus
    5. Hahaha,,, mungkin juga mbak,,, tp sekarang musimnya ikan benggol jd mau di pepes am belimbing wuluh, tp ad juga sih yang d buat obat batuk, tetanggaku selalu minta bunganya untuk obat btuk bayinya....

      Hapus
    6. oh iya mbak, banyak yang bilang bunganya buat obat batuk, gmna caranya?? bagi resep dong hehehe

      Hapus
    7. klo kta tetanggaku sih, waktu menanak nasi bunga belimbing wuluh di kasih air sedikit am gula batu trs d taruh d atasnya nasi...
      nanti airnya yang di minum

      Hapus
    8. wow boleh d coba low si kecil batuk :D
      kpn2 mampir y k rumah km??

      Hapus
    9. ok ok,,, sms dulu y mbak klo mau k rumah :D

      Hapus
    10. yuhuuuu,,,, baby ku juga lagi batuk nih,,,
      bagi bunga belimbing wuluhnya dong...
      mau praktek nih resepnya Izzah hahaha

      Hapus
    11. boleh-boleh,,, ayo k rumah,,, masih ad sisa koq belimbing wuluhnya, tp d pucuk pohon baru buahnya,,, ayo buat manisan atau sirup belimbing wuluh... :D yg lebih bawah ud berbunga lagi... it buat baby kamu aj hehehe

      Hapus
    12. ayo k rumah e mbak izzah,, masak bandeng asem2

      Hapus
    13. bandeng aem2, ap asem2 bandeng sih yang bener...???

      Hapus
    14. ah pokoknya ada asem am bandeng hehehe

      Hapus
    15. sipp yang penting bukan ketek asem aj mbak hehehe

      Hapus
    16. hahaha....
      asem2 ketek iku y opo mbak???

      Hapus
  2. koq bwang putih tunggalnya sama kyak bawang merah hehehe

    BalasHapus
  3. Bwang putih ayuuuu,,,,
    iy aq lupa ngupasnya pas ngefoto :D emang kelihatan ky bwang merah y....
    eh bawang putih tunggal ternyata banyak khasiatnya lo yu,,, g nyangka pedagang bawang itu pinter, hehehe coba liant link ini deh..

    http://akardanumbi.blogspot.com/2013/06/8-khasiat-bawang-putih-tunggal.html

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya keliahatan seperti bawang merah lo hehehe

      Hapus
    2. hehehe iya deh terserah,,, nanti tak ganti fotonya...
      aq beneran lo itu bawang putih

      Hapus
    3. endi jare, foto bawang putih e drung d ganti2??

      Hapus
    4. hahaha iy mbak, aq sampek lupa... :D

      Hapus
    5. wuiiihhhh langsung di ganti rek,,,
      iyy,,, percaya deh it bawang putih tunggal atau bawang putih jantan alias laki-laki :D

      Hapus
    6. hehehe
      darpada d kritik am pyan mbak???? :D

      Hapus
    7. aku jd tau klo bawang putih tunggal ad manfaatnya mbak izzah,,, emang ad bedanya dengan khasiat bawnag putih biasa am bawang putih tunggal y??

      Hapus
    8. nah itu dia mbak, aku jg g paham...
      mugkin hampir sama, la aku pernah baca artikel katanya orang korea paling sedikit resiko kena jantung karena sering mengkonsumsi bawang putih,,,
      pertanyaannya itu bawang putih tunggal ap bawang putih biasa?? maklum orang awam

      Hapus
    9. hehehe,,, sama
      ternyata bawang putih tunggal itu harganya lumayan mahal y...
      mungkin karena jauh berkhasiat jadi mahal

      Hapus
    10. he.em, makanya Ibu kalo harga bawang putih tunggal harganya selangit ya balik lagi pake mengkudu hehehe

      Hapus
  4. hahaha
    bagus mbak izzah lanjutkan,,,,
    nanti saya pesen jamunya y :)

    BalasHapus
  5. hahaha,,, mbak feri iki opo ae...
    emang mau pesen jamu ap sih nang aq???

    BalasHapus
    Balasan
    1. jamu body singset mbak,,, hahaha
      biar langsing aq

      Hapus
    2. y tumbas nang mbok jamu2 iku lo mbak,,, jamu singset hehehe

      Hapus
    3. lo, sampeyan g punya resepnya t mbak??? klo bisa pyan yg buat,,, kan bisa gratesss hehehe

      Hapus
    4. hahaha
      iku lo minum galian singset low g salah
      nguping2 pembicaraan e ibu am tukang jamu waktu masih SD

      Hapus
    5. waduhhh,,, bu feri klo sampyan berhasil langsing aku mau ikut nyoba

      Hapus
    6. hihihi
      aq g nyoba ezt, ud langsing nanti g ad dagingnya aq :p

      Hapus
  6. Waduh Ibu2 iku iki rame banget,,,
    infonya bagus mbak izzah :D
    baru tahu aku khasiat seledri it buat nurunin darah tinggi juga...
    tp btw,, sinomnya boleh dong d bawah klo kuliah masuk nanti hehehe

    BalasHapus
  7. ha? ibu2? aku belum ibu2 mbak.... aku kn belom merried hehehe
    Sebenernya Ibu aku yang lebih tahu mbak,, y biar dia cuma lulusan SD, tp senengnya lihat tv yg membahas tanaman obat atau penyakit2 gitu...
    aku mah g ad apa2nya
    tp btw makasih y mbak sudah berkunjung k blog aku :D

    BalasHapus
  8. hehehe
    ok ok, salam buat memes kamu :D

    BalasHapus